WEBSITE: Jenis Berdasarkan Fungsinya

Website


A. Definisi
Website adalah kumpulan halaman yang menampilkan berbagai informasi.

B. Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

1. Search Engine (Web Pencarian)
Web Search Engine adalah jenis website yang mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks berdasarkan kata kunci atau "keywoards" yang dicari.

Karakteristik Web Search Engine:
1.     Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih,
2.     Pencarian berdasarkan kata kunci, mereka mencoba mencocokkan dengan tepat kata kunci tersebut dengan teks yang ada dalam dokumen,
3.     Tidak perlu dilakukan browsing, dan tidak ada subjek dari kategori,
4.     Database dijaring dan dikumpulkan oleh spider, yaitu computer yang memiliki program robot, dengan kemampuan seminimal mungkin dari pandangan atau sentuhan manusia,
5.     Ukuran search engine: dari skala kecil hingga mampu menyimpan sangat banyak (sekitar 20 milyar halaman web).
6.     Meta search engine dengan cepat melakukan pencarian ke dalam beberapa database dari berbagai search engine dalam satu kali permintaan. Hasilnya adalah daftar yang dihasilkan dari penggabungan hasil pencarian dari beberapa search engine yang mereka libatkan.

Contoh Web Search Engine:


Gambar Desain GUI Google:


Struktur Menu Yahoo!:


2. Social Media (Media Sosial)
Web Social Media adalah situs jaringan sosial yang digunakan sebagai saluran atau sarana untuk bersosialaisasi sama lain secara online.

Karakteristik Web Social Media:
1.              Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
2.              Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3.              Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
4.              Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Contoh Web Social Media:

Gambar Desain GUI Liputan6:




4. Entertaiment Sites
Entertaiment Sites merupakan situs yang berisi tentang info - info hiburan. Jika mencari website yang berhubungan dengan hiburan (entertainment), maka yang akan sering temui adalah website promosi, website game online, website film/bioskop, dan website untuk sebuah group band atau penyanyi.

Karakteristik Entertaiment Sites:
1.     Publisitas. Disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
2.     Universalitas. Pesan atau isinya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
3.     Periodisitas. Terbit atau dipubliksikan secara tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
4.     Kontinuitas. Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
5.     Aktualitas. Berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru (berita), tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Contoh Entertaiment Sites:

Gambar Desain GUI Kapanlagi:



5. Educational Sites
Educational Sites merupakan website yang didesain untuk lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah, pesantren, atau lembaga bimbingan belajar agar dapat saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi berkaitan dengan pendidikan secara luas.

Karakteristik Educational Sites:
1. Tema dari web adalah edukasi, yaitu memiliki fitur tertentu yang berkaitan dengan mempermudah dan menambah wawasan edukasi
2. Ada yang memiliki forum khusus untuk berdiskusi membahas bidang tertentu
3. Biasanya menyidiakan materi pelajaran berupa teks, forum, ataupun foto dan video

Contoh Educational Sites:

Gambar Struktur GUI Brainly:



6. E-Commerce Sites
E-commerce adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas transaksi jual-beli barang atau jasa melalui jaringan internet.

Jenis-Jenis E-Commerce:
1.     Business to Business (B2B)
Website e-commerce B2B melakukan kegiatan transaksi elektronik antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Website jenis ini umumnya digunakan oleh produsen dan grosir atau grosir dan pengecer. Contoh: bizzy.co.id dan ralali.com.

2.     Business to Consumer (B2C)
Website e-commerce B2C adalah kebalikan dari B2B. Website jenis ini melakukan kegiatan transaksi online antara produsen atau perusahaan dengan konsumen akhir. Bisnis ini berhubungan langsung dengan konsumen perorangan atau grup dan bukan dengan perusahaan atau bisnis lainnya. Contoh: bhinneka.com dan lazada.co.id.

3.     Consumer to Consumer (C2C)
Website e-commerce C2C mengusung model bisnis yang melibatkan transaksi antar konsumen. Kedua pihak tidak bertemu secara langsung, namun hanya lewat platform online pihak ketiga. Contoh: tokopedia.com dan bukalapak.com.

4.     Consumer to Business (C2B)
Website e-commerce C2B adalah kebalikan dari C2C. Website jenis ini melibatkan transaksi dari konsumen ke perusahaan. Konsumen akan menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan yang membutuhkannya. Contoh: Google Adsense dan istockphoto.com.

5.     Business to Administration (B2A)
Website e-commerce B2A mencakup kegiatan transaksi online yang terjadi antara perusahaan dengan administrasi publik. Jenis e-commerce ini melibatkan layanan pemerintah. Contoh: pajak.go.id dan bpjsketenagakerjaan.go.id.

6.     Consumer to Administration (C2A)
Website e-commerce C2A memiliki model bisnis yang sama dengan B2A. Hanya saja, C2A melibatkan transaksi antara konsumen/individu dengan administrasi publik. Contoh: bpjs- kesehatan.go.id dan pajak.go.id.

7.     Online to Offline (O2O)
Website e-commerce O2O mengusung model bisnis untuk menarik pelanggan online agar mau berbelanja ke toko fisik. Intinya, konsep ini ingin menghubungkan antara saluran online dengan toko fisik. Contoh: alfacart.com dan mataharimall.com.

Karakteristik Web E-Commerce:
1.     Website dibuat dengan tujuan bisnis
2.     Berisi mengenai produk yang diperjual belikan secara online
3.     Menggunakan metode transaksi online
4.     Terdapat menu kategori item-item yang dijual secara online

Contoh Web E-Commerce:

Gambar Desain GUI OLX:



7. Web Portal
Web Portal adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW. Sebuah portal web pastinya akan menampilkan informasi yang terkolaborasi dengan desain dan beragam tampilan. Oleh karena itu, tampilan sebuah web portal akan lebih konsisten di halaman-halamannya, dan juga memiliki struktur kontrol dan prosedur untuk berbagai aplikasi web.

Karakteristik Web Portal:
  • Memiliki tampilan look dan feel yang seragam.
  • Adanya header dan footer, dan tampilan header dan footer tersebut umumnya seragam di seluruh halaman yang ada di portal. Ada juga skema warna, ikon, logo, dan sebagainya yang memberikan kesan dan tampilan yang seragam dan sama.
  •  Adanya \blok-blok yang menampilkan informasi dalam bagian-bagian tertentu di halaman, atau dengan kata lain menggunakan layout yang baik.
  •  Kotak-kotak blok tersebut diletakkan dalam tampilan yang saling berkaitan antara waktu dan eksistensinya.
Contoh Web Portal:

Gambar Desain GUI Detikcom:



8. Wiki
Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada  peraturan-peraturan tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website wiki sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat dipercaya 100%. Pada umumnya, website wiki memiliki standar bahasa yang mirip dengan markup languange (seperti HTML), tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana agar mudah digunakan.

Karakteristik Web Wiki:
1. Wiki memungkinkan pengguna untuk mengubah sebuah halaman maupun membuat halaman baru dalam situs web, dengan menggunakan browser.
2. Wiki dapat menunjukkan keterkaitan antara sebuah halaman dengan halaman lainnya, menggunakan pranala dalam halaman.
3. Wiki mengundang pengunjung untuk ikut terlibat dalam membuat dan berkolaborasi yang membangun situs web tersebut.

Contoh Web Wiki:

Gambar Desain GUI Wiki:



9. Forum
Ciri khas dari forum adalah website berisi artikel yang tersusun rapi dalam kategori dan subkategori. Dalam forum memungkinkan pengunjung membuat akun untuk membuat tread (istilah artikel dalam forum) dan berkomentar.

Karakteristik Web Forum:
1. Merupakan website yang berisi forum online secara terbuka bagi user
2. Memiliki kategori dan sub kategori forum yang dibahas
3. Berbincangan dalam forum berlangsung secara online

Contoh Web Forum:

Gambar Desain GUI:



10. Archive Sites
Archive Sites adalah web yang dapat digunakan untuk menyimpan file secara online.

Karakteristik Archieve Sites:
1. Berfungsi untuk menyimpan file atau data secara online (atau biasa disebut cloud storage)
2. Pengguna dapat mengupload dan mengunduh file dimanapun dan kapanpun secara online

Contoh Archieve Sites:

Gambar Desain GUI Dropbox:


Struktur Menu Solidfiles:



11. Media Sharing
Ciri khasnya adalah website yang ditujukan untuk berbagi file atau multimedia seperti musik, video, gambar, aplikasi, dll. Di website ini memungkinkan pengunjung untuk upload, download atau streaming.

Karakteristik Web Media Sharing:
1. Merupakan web yang berisi file seperti musik, video, gambar, dll
2. File tersebut diupload oleh para pengguna
3. File tersebut dapat diunggah atau sekedar streaming oleh para pengunjung

Contoh Web Media Sharing:

Gambar Desain GUI Youtube:



12. Company Profile
Corporate Profile adalah sebuah web yang berisi mengenai profile suatu perusahaan. Web ini berisi informasi lengkap perusahaan baik produk atau portofolio sebuah perusahaan.

Karakteristik Web Company Profile:
1. Memiliki fungsi utama untuk menampilkan profil ataupun produk dari sebuah perusahaan
2. Profil atau produk dapat dibuat berupa teks, foto atau video
3. Memiliki informasi perusahaan seperti contact person ataupun alamat perusahaan

Contoh Web Company Profile:

Gambar Desain GUI Unilever:



13. Blog
Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal diri atau diari online yang digunakan oleh seorang blogger untuk engeskpresikan pemikiran dan opini-opininya.

Karakteristik Web Blog:
1. Berisi artikel atau postingan pribadi seorang blogger berupa tulisan, media gambar, video dan lainnya.
2. Biasanya berisi mengenai pendapat dan opini pribadi blogger.
3. Setiap postingan biasanya diserta kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis.

Contoh Web Penyedia Blog:

Gambar Desain GUI Blogger:



Referensi: 
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Mengenal_Jenis_web.pdf
https://bagusp97a.wordpress.com/2017/05/01/karakteristik-web/
http://adjieparker.blogspot.co.id/2016/10/jenis-jenis-website.html
http://romeltea.com/media-online-pengertian-dan-karakteristik/
http://anguerde.com/TTF-400692-website.html




Komentar

Popular Entry

APLIKASI: Aplikasi Pengolahan Database

KOMPUTER: Topologi Jaringan

APLIKASI: Aplikasi pada Windows

APLIKASI: Aplikasi pada MacOS

KOMPUTER: Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Alat Input dan Alat Output

KOMPUTER: Perkembangan Bahasa Komputer