APLIKASI: Aplikasi pada Windows


A.   Latar Belakang
Aplikasi komputer adalah sebuah perangkat lunak (software) program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan berfungsi melakukan perintah sesuai dengan keinginan dari pembuat aplikasi. Pembuat program aplikasi komputer disebut programmer.
Aplikasi komputer dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan sesuatu menggunakan komputer. Biasanya komputer digunakan untuk mengolah data dan melakukan editing foto, video dan suara. Contoh perangkat lunak adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Pada era modernisasi peran aplikasi komputer sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari juga sering kita jumpai dalam beberapa bidang. Kehadiran aplikasi komputer dalam bidang bisnis, pendidikan, maupun hiburan dapat mempermudah pekerjaan dan dapat menghemat waktu.
Sebelum aplikasi pertama di dunia ditemukan, ada sejarah yang sangat panjang dalam proses ditemukannya aplikasi. Jauh sebelum aplikasi yang ada pada komputer dapat berjalan secanggih saat ini, semua perangkat lunak (software) selalu mengandalkan aljabar Boolean. Aljabar ini menggunakan kode binary digit (bit) yang terdiri dari du angka yaitu 1 (benar/on) dan 0 (salah/off). Rumitnya (terlalu panjang) penggunaan kode binary digit ini membuat orang-orang pada saat itu mulai membuat kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word ( 2 byte), dan doubel word (32 bit).
Hadirnya kelompok-kelompok bit ini terbilang cukup membantu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di perangkat lunak komputer. Dengan berbagai kelompok bit yang ada pada saat itu, orang-orang mulai merakit kode-kode tersebut menjadi berbagai struktur instruksi seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, hingga pada akhirnya terbentuklah kode-kode baru yang kita kenal dengan nama assembler. Kode-kode assembler ini lah yang nantinya menjadi cikal-bakal dibuatnya berbagai macam aplikasi yang saat ini dapat mempermudah berbagai kegiatan manusia.

B.    Aplikasi - Aplikasi
            1. Microsoft OneNote
adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana dapat menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.
Berikut fungsi dari aplikasi Microsoft OneNote:
·       Menulis To do List
·       Mencatat Ide
·       Membuat Project Plan
·       Menulis Resep
·       Mencatat Shopping List
·       Mengkomentari Desain
·       Menulis Quick Notes

      2. Microsoft Office Outlook
adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. 
Sebagai aplikasi pengelola email, microsoft office outlok memiliki manfaat sebagai berikut:

§  Untuk membaca email secara offline
§  Untuk mengirim email dengan cepat 
§  Untuk memcadangkan email di PC
§  Untuk melakukan penjadwalan
§  Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat)

3. Microsoft Powerpoint
adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. 

Fungsi Microsoft Powerpoint adalah sebagai berikut:
§  Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
§  Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
§  Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide  
§  Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer

4. Microsoft Word
adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.

Fungsi Microsoft Word :        
·       membuat surat
·       membuat tabel
·       membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
·       memasukan gambar
·       dan membuat dokumen

5. Feedback Hub
Aplikasi Feedback Hub ini memungkinkan pengguna Windows 10 melaporkan adanya bug kepada Microsoft hingga memberikan masukan untuk membuat Windows 10 lebih baik ke depannya.
6. Publisher
Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing.
7. Access
Microsoft Access adalah program aplikasi basis data (database) yang dikeluarkan oleh Microsoft dalam satu paket Microsoft Office.
8. OneNote
Microsoft OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana kamu bisa menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja. Berbeda dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencorat-coret di kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan.
9. Sway
Sway adalah aplikasi untuk bercerita secara digital yang membantu Anda dalam membuat desain profesional dan interaktif untuk gambar, teks, video, dan media lainnya hanya dalam hitungan menit.

10. Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

11. Microsoft OneDrive
OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.

12. Paint 3D
Aplikasi grafis sederhana Paint ini pertama kali dirilis pada tahun 1985 atau saat Windows 1.0 dirilis. Kemampuan Microsoft Paint saat itu masih terbatas pada gambar monokrom dan hanya dapat menyimpan file bitmap. Microsoft Paint dapat menyimpan file dalam bentuk JPG saat sistem operasi Windows 98 dirilis.
Selain sebagai aplikasi grafis sederhana, Microsoft Paint ternyata memiliki fungsi lain yang digemari oleh pengguna Windows, yakni menyimpan screenshot. Pengguna dapat memencet tombol print screen dan melakukan paste di Microsoft Paint untuk menyimpan screenshot. Namun, sejak kehadiran Snipping Tool, Microsoft Paint tidak lagi dianggap praktis.

13. Xbox
Xbox pada Windows 10 memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, merekam klip video dan mengambil screenshot. Xbox Live fungsi dibangun ke pengalaman. Segera pengembang game akan melepaskan gelar PC baru yang dibangun dengan Xbox Live multiplayer.

14. SHAREit
Aplikasi shareit merupakan salah satu aplikasi dengan berbagai fitur yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk mengirim berbagai file ke teman dengan kecepatan luar biasa. Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat berkirim file dengan teman dalam waktu singkat tanpa perlu biaya apapun. Aplikasi ini pun memiliki kecepatan yang sangat luar biasa bahkan mencapai 200 kali lipat dari kecepatan bluetooth.

15. Adobe Flash Player 13 Plugin
Adobe Flash Player atau yang terdahulu dikenal dengan nama Macromedia Flash, merupakan salah satu perangkat lunak unggulan dari Adobe System. Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis.

Fungsi Adobe Flash Player:
Untuk Desain
Aplikasi ini banyak digunakan untuk :
Membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.
Dalam flash terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing, dan dapat memasukan video lengkap dengan fasilitas playback FLV.
Untuk Internet
-Untuk memutar video yang berformat .swf yang dipasang disitus game
-Dengan adobe flash player kita dapat melakukan chat yahoomail, facebook dan lain-lain
-Untuk menampilkan video streaming
-Mendownload Video di youtube
-Upload foto atau gambar di jejaring sosial (faceboook)
-Pada intinya adalah untuk membuat, memutar gambar vektor maupun animasi gambar. Berkas yang dihasilkan dari software ini adalah .swf dan dapat di putar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.

16. Advanced Micro Devices, Inc.
Advanced Micro Devices atau yang lebih sering di sebut AMD, merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi Processor terbesar setelah Intel. AMD dapat di andalkan dalam hal kecepatan prosesnya, itu sebabnya AMD lebih pupuler di kalangan para Gamers. Dalam segi harga AMD relatif lebih murah di bandingkan oleh produk dari Intel. Tapi bukan berarti kualitas AMD dapat di ragukan.
Dolby Digital Plus Advanced Audio
Dolby Digital merupakan teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Teknologi ini biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukkan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Dolby Digital dikembangkan oleh Dolby Laboratories.

DAFTAR PUSTAKA
1)    Ibrahim, Adzikra. 2013. Pengertian Aplikasi dan Sejarah Perkembangan Aplikasi. http://pengertiandefinisi.com/pengertian-aplikasi-dan-sejarah-perkembangan-aplikasi/. Di akses tanggal 24 September 2017 pukul 7.17 PM

2)    Fitho. 2016. Pengertian Aplikasi Komputer beserta Contohnya. http://www.tentangkomputer.com/umum/pengertian-aplikasi-komputer/. Di Akses tanggal 24 September 2017 pukul 7.28 PM

Komentar

Popular Entry

APLIKASI: Aplikasi Pengolahan Database

KOMPUTER: Topologi Jaringan

WEBSITE: Jenis Berdasarkan Fungsinya

APLIKASI: Aplikasi pada MacOS

KOMPUTER: Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Alat Input dan Alat Output

KOMPUTER: Perkembangan Bahasa Komputer