APLIKASI: Aplikasi pada MacOS



A. Pengertian Aplikasi
Aplikasi dapat diartikan sebagai suatu program berbentuk perangkat lunak yang berjalan pada suatu sistem tertentu yang berguna untuk membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia.
B. Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

1  Ali Zaki dan Smitdev Community
Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, Aplikasi merupakan komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data ataupun berbagai kegiatan lainnya seperti pembuatan ataupun pengolahan dokumen dan file.

2  Sri Widianti
Menurut Sri Widianti, Aplikasi merupakan sebuah software(perangkat lunak) yang bertugas sebagai front end pada sebuah sistem yang dipakai untuk mengelolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk penggunanya dan juga sistem yang berkaitan.

3  Harip Santoso
Menurut Harip Santoso, Aplikasi merupakan sebuah kelompok file (class, form, report) yang ditujukan sebagai pengeksekusi aktivitas tertentu yang saling berkaitan seperti contohnya aplikasi payroll dan aplikasi fixed asset.

C. Identifikasi Aplikasi dalam Komputer

            1. App Store
            Apple App Store adalah platform distribusi aplikasiuntuk iOS yang dikembangkan dan dikelola Apple Inc.Layanan ini memungkinkan pengguna menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Apple iOS SDK. Aplikasi dapat diunduh langsung ke sebuah perangkat iOSatau komputer pribadi (Macintosh atau PC) melalui iTunes.
            Apllikasi di App Store umumnya ditargetkan untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad dan dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus pada perangkat seperti sensor gerak untuk kontrol permainan dan kamera untuk panggilan video daring. Aplikasi dapat diunduh gratis atau dengan harga yang ditetapkan. Selain itu bisa juga menggunakan cara monetisasi dalam aplikasi seperti iklan atau pembelian item. Apple mengambil 30 persen keuntungan yang didapat melalui aplikasi dan 70 persen sisanya dikembalikan ke produsen aplikasi.
         2. Automator
Automator adalah alat yang dimiliki OS X yang bida membantu kamu untuk membangun alur kerja untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan kompleks, seperti mengubah nama file dalam folder, menggabungkan beberapa dokumen PDF, atau mengubah format film ke format yang lain menggunakan QuickTime.
Ada dua manfaat utama dari Automator. Pertama, kamu tidak perlu berulang kali melakukan tugas-tugas yang sama secara manual. Dan kedua, automator dapat membuat suatu alur kerjahanya dengan drag dan drop, sehingga kamu tidak perlu menulis kode (Walaupun kamu dapat membuatnya lebih kuat dengan AppleScripts).
            3. Calculator
Kalkulator adalah alat bantu yang bisa di pakai untuk menghitung dengan jumlah yang besar seperti untuk penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang pertama bernama Calculator, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memiliki tampilan sederhana dan mudah di gunakan, akan tetapi meskipun begitu jangan menganggap aplikasi remeh, karena aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur yang lengkap, dan bisa di sandingkan dengan kalkulator saintifik yang ada di pasaran.

            4. Calender
App Kalender di OS X mengingatkan agar sesuai jadwal. App ini menampilkan janji temu, ulang tahun, peta, waktu travel, dan acara penting lainnya.Kalender di Mavericks terdiri dari peta, cuaca, dan waktu travel untuk memudahkan pengaturan dan pembagian acara. Pelajari cara membuat acara, berlangganan kalender orang lain, dan terhubung ke Facebook dan layanan lainnya menggunakan app Kalender.
       
         5. Chess
Aplikasi Chess adalah aplikasi game bawaan dari Mac. Sebagaimana namanya, Chess merupakan aplikasi yang diadaptasi dari permainan olahraga catur dalam dunia nyata.

         6. Contacts
Contacts adalah aplikasi dari Mac dimana dapat melakukan panggilan online dan mengatur Mac Informasi tentang kontak yang terdapat dalam aplikasi seperti nama, alamat email, atau gambar dan dapat digunakan di aplikasi lain, seperti Mail atau Safari.
         7. Dashboard
Dashboard adalah aplikasi sistem operasi macOS milik Apple Inc., yang digunakan sebagai desktop sekunder untuk aplikasi mini yang dikenal sebagai widget. Ini dimaksudkan untuk menjadi aplikasi sederhana yang disertakan dengan laporan cuaca, kalkulator dan notepad.

         8. Dictionary
Dictionary merupakan aplikasi translator yang hanya bisa menterjemahkan perkata dari bahasa Inggris saja, sebagaimana fungsi kamus di dunia nyata pada umumnya. Dan terdapat sebuah plug-in Dictionary yang dapat menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya.


         9. DVD Player
Merupakan aplikasi untuk membaca file berbentuk video atau gambar pada CD yang diakses ke dalam komputer.

         10. FaceTime
FaceTime merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun video call seperti halnya Skype.

         11. Font Book
Font Book merupakan aplikasi yang menyediakan daftar font lengkap dengan preview untuk melihat rupa atau tampilan dari font tersebut ketika diterapkan nanti.

         12. Game Center
Game Center adalah sebuah aplikasi yang dirilis oleh Apple dimana dapat mengunduh berbagai game berbayar maupun tidak berbayar yang terdapat dalam Game Center. Game Center memungkinkan pengguna bermain dengan pengguna lain saat bermain game online multiplayer.
       
         13. Google Chrome
            Google Chrome adalah program aplikasi browser yang berguna untuk menjelajahi internet. Software Google Chrome dibuat dan dikembangkan oleh Google Inc. Di balik tampilannya yang minimalis dan sederhana, Google Chrome memiliki segudang fitur yang setara dengan aplikasi peramban alias web browser modern lainnya. Fitur seperti multitab, bookmark, dan fitur penambahan fungsi melalui ekstensi bisa Anda temukan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa layanan Google, seperti fitur terjemah halaman web secara otomatis (termasuk dalam Bahasa Indonesia) dan fitur pencarian Google.

         14. iBooks
iBooks adalah sebuah aplikasi buku elektronik dari Apple Inc. untuk sistem operasi iOS. iBooks Author adalah app OS X untuk membuat buku interaktif kaya media yang dapat dilihat di iBooks pada iPad atau Mac.

         15. Image Capture        
Image Capture adalah program aplikasi dari Apple yang memungkinkan pengguna mengunggah gambar dari kamera digital atau pemindai yang terhubung langsung ke komputer atau jaringan. Ini tidak menyediakan alat organisasi seperti iPhoto namun berguna untuk mengumpulkan gambar dari berbagai sumber yang tidak memerlukan driver.
           
            16. iMovie
iMovie adalah aplikasi editing video yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dan audio untuk macOS.

         17. iTunes
iTunes adalah sebuah apikasi dari Apple Inc. yang bisa memutar, mengorganisasi dan membeli lagu (dari iTunes Store). iTunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad. Para pengguna iOS menggunakan iTunes untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Peranti lunak ini tersedia dalam versi yang bisa dijalankan menggunakan sistem operasi Mac OS X, Windows 2000, XP dan Vista.

         18. Launchpad
 Launchpad merupakan aplikasi yang dapat mengefektifitaskan penggunaan komputer dalam  menemukan, mengelola, dan membuka app dengan mudah. Contohnya untuk membuka Launchpad dan mengakses app dengan cepat:
·       Klik ikon Launchpad di Dock.
·       Tekan tombol launchpad di papan ketik jika ada.
·       Rapatkan ibu jari dan tiga jari di trackpad.
       
         19. LINE
LINE adalah aplikasi multifungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna LINE lainnya. Fitur yang dimiliki LINE cukup banyak, yaitu fitur chat, video call, freecall, share file dan fitur lainnya. Pada awalnya, LINE adalah aplikasi yang diperuntukan untuk pengguna Android, namun semakin berkembangnya jaman, kini LINE dapat diakses pada komputer.

         20. Mail

Mail (juga disebut Mail.app atau Apple Mail) adalah sebuah program surat elektronik bawaan di sistem operasi Mac OS X Apple Inc. Mail versi sekarang menggunakan protokol SMTP, POP3, dan IMAP, dan mendukung Yahoo! Mail, AOL Mail, Gmail, MobileMe, dan Exchange melalui IMAP.

         21. Maps
Maps atau Apple Maps merupakan aplikasi yang sejenis dengan google maps yang dikeluarkan oleh Apple Inc. Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama seperti peta, hanya saja tentunya ini merupakan peta modern. Aplikasi ini dapat mengetahui dimana posisi kita berada dan memberikan penunjuk jalan ke tujuan yang ingin kita tuju.

         22. Media Player
Merupakan aplikasi untuk menampilkan file berupa video. Aplikasi ini terbilang cukup lengkap karena dapat membuka seluruh file video berformat apapun dimulai dari file video berformat mp4, mkv ataupun mov.

         23. Messages
Aplikasi ini memiliki fungsi seperti aplikasi message lainnya dimana dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain melalui chat, berkirim foto ataupun video lewat aplikasi ini.

         24. Microsoft Excell
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office.
Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,
1. Membuat sebuah laporan keuangan2. Membuat Daftar Nilai3. Membuat daftar hadir4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat5. Menghitung Kurs Mata Uang6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan7.Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah10.Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

         25. Microsoft OneNote
Microsoft OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana dapat menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.
Berikut fungsi dari aplikasi Microsoft OneNote:
·       Menulis To do List
·       Mencatat Ide
·       Membuat Project Plan
·       Menulis Resep
·       Mencatat Shopping List
·       Mengkomentari Desain
·       Menulis Quick Notes
       
         26. Microsoft Outlook
Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender.
Sebagai aplikasi pengelola email, microsoft office outlok memiliki manfaat sebagai berikut:

§  Untuk membaca email secara offline
§  Untuk mengirim email dengan cepat
§  Untuk memcadangkan email di PC
§  Untuk melakukan penjadwalan
§  Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat)

         27. Microsoft PowerPoint
Microsoft Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana.
Fungsi Microsoft Powerpoint adalah sebagai berikut:
§  Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
§  Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
§  Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide 
§  Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer

         28. Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.

Fungsi Microsoft Word :      
·                membuat surat
·                membuat tabel
·                membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
·                memasukan gambar
·                dan membuat dokumen

         29. Mission Control
Mission Control merupakan aplikasi untuk mempermudah tampilan menyeluruh untuk semua jendela yang terbuka, ruang desktop, app layar penuh, dan ruang Split View, sehingga memudahkan untuk beralih di antaranya.







Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/App_Store_(iOS)
http://www.kompiku.info/mac-osx/apakah-automator-dan-bagaimana-cara-kerjanya/
http://www.siswamaster.com/2015/10/pengertian-dan-fungsi-microsoft-word.html
http://www.teorikomputer.com/2014/03/pengertian-microsoft-word-dan-fungsinya.html
https://support.apple.com/id-id/HT202835
https://id.wikipedia.org/wiki/Mail_(aplikasi)
https://support.apple.com/kb/PH25884?locale=en_US
https://en.wikipedia.org/wiki/Dashboard_(macOS)
https://www.makemac.com/kamus-indonesia-di-mac/
http://teknowin10.blogspot.co.id/2017/05/font-book-aplikasi-untuk-melihat-semua.html
http://info-program-komputer.blogspot.co.id/2012/04/google-chrome.html
https://id.wikipedia.org/wiki/IBooks
http://ibooks.skydocu.com/id/tinjauan-ibooks-author/apa-itu-ibooksauthor/
https://en.wikipedia.org/wiki/Image_Capture
https://id.wikipedia.org/wiki/ITunes
https://support.apple.com/id-id/HT202635
http://www.iconarchive.com/show/mac-osx-yosemite-icons-by-johanchalibert/maps-icon.html
http://www.iconarchive.com/download/i98359/dakirby309/simply-styled/Microsoft-Excel-2013.ico
https://winpoin.com/apa-itu-microsoft-onenote-dan-apa-fungsinya/
http://forum.idws.id/threads/pengertian-fungsi-dan-kegunaan-microsoft-excel.550824/
http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html
http://www.burung-net.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint.html            
https://support.apple.com/id-id/HT204100



Komentar

Popular Entry

APLIKASI: Aplikasi Pengolahan Database

KOMPUTER: Topologi Jaringan

WEBSITE: Jenis Berdasarkan Fungsinya

APLIKASI: Aplikasi pada Windows

KOMPUTER: Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Alat Input dan Alat Output

KOMPUTER: Perkembangan Bahasa Komputer